• Thu. Feb 29th, 2024

DESA KWASEN

Kwasen Desaku Pemalang Desa Pintar

Posyandu Lima Siklus Desa Kwasen

ByAdminDesa

Jan 22, 2024

Pada hari Kamis, 18 Januari 2024 telah dilaksanakan posyandu lima siklus di Desa Kwasen. Posyandu lima siklus tersebut mencakup posyandu untuk balita, remaja, lansia, posbindu, dan ibu hamil. Selain diadakan posyandu lima siklus, diadakan juga PIN Polio. Pekan imunisasi Nasional (PIN) Polio menargetkan anak 0 – 8 tahun. Kegiatan ini diadakan di dua dusun di Desa Kwasen, yaitu dusun Kedunggong dan dusun Kwasen.

Posyandu untuk balita dan anak-anak dilakukan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan lingkar kepala, serta melakukan imunisasi polio. Virus polio mudah menyerang anak-anak dibawah 5 tahun dan sangat menular. Virus polio dapat menyebabkan kelumpuhan sampai kematian. PIN Polio ini ditargetkan untuk anak 0 – 7 tahun tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. Oleh karena itu, anak – anak dibawah 7 tahun wajib dilakukan imunisasi walaupun telah melakukan imunisasi sebelumnya. Selain itu, terdapat sosialisasi pemberian makanan tambahan berupa olahan jagung yaitu bubur jagung dari peserta KKN Unsoed.

Posyandu untuk lansia dan posbindu mencakup pengukuran tensi, tes kolesterol, tes gula darah, dan tes asam urat. Selain melakukan medical check up, terdapat sosialisasi hidup sehat untuk lansia yang diisi oleh peserta KKN Unsoed. Kegiatan posyandu lima siklus diharapkan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dengan melakukan pengecekan kesehatan rutin yang mudah dijangkau oleh masyarakat. Selain itu, kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *